Daftar Mobil Listrik Yang Resmi Dijual Di Indonesia

mobil listrik indonesia

Pada tahun 2020, pasar kendaraan roda empat Tanah Air memang melemah terpukul oleh pandemi COVID-19. Dilihat dari data penjualan Gaikindo, sudah turun hampir 50% dibandingkan penjualan tahun sebelumnya. Namun catatan paling menarik di balik penurunan penjualan mobil di tahun 2020 adalah tren pertumbuhan mobil listrik Indonesia yang diikuti dengan peningkatan jumlah kendaraan listrik yang diluncurkan tahun lalu.

Pasar mobil ramah lingkungan ini sudah ada, meski masih cocok untuk kalangan tertentu karena harganya yang mahal. Meyakini semakin tinggi minat masyarakat untuk membeli mobil listrik maka semakin murah harganya.Semoga . Berikut telah mengumpulkan sekitar 9 model mobil listrik yang terjual di Indonesia dalam satu tahun terakhir, dengan daftarnya sebagai berikut:

1. BMW i3

BMW merupakan agen pemilik merek pertama yang berhasil menjual kendaraan listrik murni di Indonesia melalui BMW i3S. Mobil serba listrik ini dibekali motor listrik 184 hp, torsi 270 Nm, dan daya tahan baterai 260 kilometer saat terisi penuh.

2. Hyundai Ioniq

Hyundai, duo Ionic dan Kona Electric paling menarik perhatian publik di tanah air. Kalau mau, inilah mobil listrik termurah dibanding merk mobil listrik lain yang dijual di Indonesia. Hyundai Ioniq dilengkapi dengan baterai lithium-ion polymer berkapasitas 38,3 kWh. Saat terisi penuh, baterainya sangat kuat dan mampu menempuh jarak lebih dari 300 kilometer. Guna meningkatkan performanya, kpj hanya butuh waktu 10,2 detik. * Harga: 637 juta rupiah (Ioniq Prime) dan 677 juta rupiah (Ioniq Signature)

3. Hyundai Kona Electric

Mirip dengan kakaknya Ioniq, Kona Electric juga merupakan mobil listrik dengan banderol harga kurang dari Rp1 miliar. SUV ini dilengkapi dengan motor sinkron elektromagnetik 150 kW dan baterai lithium-ion 64 kWh. Tenaganya 201 tk dan torsi maksimum 394 Nm.

4. Lexus UX300e

Model itu istimewa karena merupakan kendaraan listrik murni atau battery electric vehicle (BEV) pertama yang dijual Lexus di Indonesia. Secara khusus, Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menjual model Lexus UX 300e.

Lexus UX 300e menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas motor 54,35 kWh, tenaga maksimal 201 HP, dan torsi 300 Nm. Diperlukan 5 hingga 6 jam untuk mengisi penuh baterai, dan kemudian Anda dapat berkendara sejauh 300 kilometer dengan sekali pengisian daya.

5. Mitsubishi Outlander PHEV

SUV Mitsubishi dengan teknologi plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) ini memadukan mesin 2.4 liter DOHC MIVEC dengan tenaga 126 hp dan torsi 199 Nm, serta baterai 13,8 kWh serta motor listrik depan dan belakang. Motor depan memiliki tenaga 80 hp pada torsi 199 Nm, sedangkan motor belakang memiliki tenaga 93 hp pada torsi 195 Nm. Keunggulan kendaraan roda empat ini adalah dapat digunakan sebagai generator untuk menyediakan daya cadangan hingga 1.500 watt.

6. Nissan Kicks e-POWER

Nissan Kicks e-Power hadir dengan teknologi e-Power, yang berbeda dari jenis sistem berlistrik lainnya. Dalam sistem hibrida tradisional, roda digerakkan oleh motor listrik dan mesin bensin. Namun, pada sistem e-Power, mesin bensin tidak terhubung ke roda. Mesin bensin hanya digunakan untuk mengisi baterai. Tidak seperti model serba listrik, tenaga Nissan Kicks e-Power tidak hanya berasal dari baterai, tetapi juga dari mesinnya.

Ini menghilangkan kebutuhan akan pengisi daya eksternal sekaligus memberikan output tinggi yang sama dengan EV. Nissan Kicks e-Power dilengkapi dengan motor listrik EM57, generator dan inverter, serta mesin 1.2 liter DOHC 12 katup tiga silinder. Sistem e-Power dapat memberikan tenaga maksimum 95 kilowatt (kW) dan torsi 260 Nm, serta baterai lithium-ion.

7. Tesla Model 3

Merek Tesla masuk ke Indonesia melalui Prestige Motorcars. Di bidang kendaraan listrik, Mobil Listrik Tesla dibekali semua varian Tesla Model 3, termasuk facelift yang baru saja diperkenalkan. Tesla Model 3 tersedia dalam berbagai varian, yang pertama adalah Standard Range Plus, yang dilengkapi dengan motor listrik penggerak roda belakang 241 hp.

Diperlukan waktu 107 menit untuk mengisi penuh baterai dengan kabel Type 2, namun dengan menggunakan supercharger Supersul Tesal, mobil listrik ini dapat mengisi daya hingga 80% hanya dalam waktu sekitar setengah jam. Tesla Model 3 Standard Range Plus dapat menempuh jarak 429 kilometer dengan sekali pengisian daya. Hanya butuh waktu 5,3 detik untuk berakselerasi dari 0-96 km / jam, dan kecepatan maksimalnya 225 km / jam. Prestige juga menawarkan varian Model 3 AWD jarak jauh dan Model 3 Performance. * Harga: Rp1,5 miliar (Tesla Model 3 Facelift), Rp2,85 miliar (jarak jauh), Rp3 miliar (kinerja)

8. Toyota Corolla Cross Hybrid

Inilah mobil listrik terlaris di Indonesia dalam satu tahun terakhir. Kendaraan hybrid crossover Toyota Corolla telah terjual sebanyak 652 unit selama tahun 2020. Mobil yang dulunya dikenal berbentuk sedan ini kini telah bertransformasi menjadi SUV crossover yang dilengkapi dengan mesin encoding 2ZR-FXE 1.8L dan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 72 ps dan tenaga maksimal 162.7 Nm. Torsi.

9. Toyota Prius PHEV

Toyota Prius PHEV mengandalkan dua sumber tenaga yang berbeda yaitu mesin listrik dan bensin. Tenaga di bagian depan mengandalkan motor sinkron magnet permanen, yang memiliki tenaga 53 kW dan torsi 163 Nm. Di bidang mesin konvensional, terdapat mesin Synergy Drive hybrid 1,8 liter bertenaga 72 kW dan torsi 142 Nm. Mesin tersebut memiliki kecepatan tertinggi 160 kpj dan konsumsi bahan bakar rata-rata 42 kpl.

Baterai yang terisi penuh dapat menempuh jarak 68,2 kilometer, yang sangat singkat, untungnya tenaga mobil ini tidak hanya bergantung pada tenaga baterainya saja. Waktu yang diperlukan untuk mengisi penuh baterai adalah sekitar 2 jam 20 menit, atau dapat diisi dengan cepat selama 20 menit untuk mengisi daya hingga 80% menggunakan kabel Tipe 2.

mobil listrik indonesia
Next Post

No more post

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *