rukun iman dan rukun islam – Sebagai seorang Muslim, Anda harus tahu bagaimana mengajarkan rukun iman kepada anak-anak Anda. Rukun Iman adalah tiang atau tiang yang menjalankan ajaran iman melalui pikiran, perbuatan, atau perkataan. Oleh karena itu, rukun iman juga memiliki arti menopang keimanan seorang muslim.

Inilah Cara Mengajarkan Rukun Iman Kepada Anak

Pentingnya Pemahaman Jika rukun iman adalah rukun iman seorang muslim, maka rukun iman harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari sejak dini.

Anda juga dapat mengajari anak Anda 6 rukun iman dengan berbagai cara, termasuk:

Iman Kepada Allah SWT

Rukun Iman yang pertama adalah Rukun Iman kepada Allah SWT. Ini dapat dicapai dengan mematuhi semua perintahnya dan menjauhi hal-hal yang dilarang. Menurut Syekh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah At-Tuwaijiri, cara beriman kepada Allah SWT bisa melalui uluhiyah atau sifat-sifat Allah SWT. Oleh karena itu, Anda bisa mengenalkan beberapa sifat Allah SWT kepada buah hati Anda dan membuatnya percaya akan keberadaan Allah SWT.

Iman Kepada Malaikat

Cara mengajarkan rukun iman kepada anak-anak adalah dengan mengajarkan banyak sifat malaikat. Misalnya, tidak ada nafsu manusia, tidak ada makan, minum, tidur, dan selalu menaati perintah Allah.

Iman Kepada Kitab Allah SWT

Kitab ini adalah wahyu Allah SWT dan telah dicatat. Kemudian, fungsinya sebagai pedoman dan pedoman bagi umat Islam dalam kehidupan sehari-hari, agar mereka selamat dalam kehidupan ini dan di masa depan. Anda dapat mengajari anak-anak dengan memberikan pengetahuan tentang kitab-kitab yang diturunkan Allah kepada para nabi dan rasul, seperti:

  1. Zabur yang turun untuk Nabi Daud
  2. Taurat untuk Nabi Musa
  3. Injil untuk nabi Isa
  4. Al Quran untuk Nabi Muhammad SAW

Iman Kepada Rasul Allah

Keyakinan bahwa para nabi dan rasul sudah ada sebelum Nabi Muhammad menjadi sangat penting dalam praktik. Anda juga harus mengajar para nabi dan rasul yang adalah utusan Allah dan menerima wahyu untuk menyebarkan niat baik kepada umat Islam.

Pilar cara mengajarkan keimanan kepada anak adalah dengan mengajarkan nama-nama 25 nabi yang wajib diketahui, diyakini, diteladani, bahkan diamalkan sesuai syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk mengajari anak-anak Anda bagaimana memahami kehidupan dan sejarah 25 nabi dan rasul.

Iman pada Hari Kiamat

Rukun Iman yang kelima ini bisa Anda ajarkan dengan selalu berprestasi, karena Anda akan mendapatkan pahala yang berharga dari Allah SWT. Ajarkan reward dan punishment yang akan Anda terima di Hari Penghakiman nanti. Dengan demikian, anak akan meninggalkan perilaku maksiat dan menjadi bermakna dalam melakukan semua perbuatan baik di dunia

Iman Kepada Qada dan Qadar

Percaya pada kehendak dan keputusan Tuhan sangat penting bagi Anda untuk mengajar anak-anak Anda. Pilar bagaimana menanamkan keimanan kepada anak dapat diberikan dengan memberikan pemahaman yang memungkinkan mereka untuk lebih sabar dalam menghadapi cobaan, selalu berusaha, dan beriman kepada Allah SWT.